LITTLE HELPER

Penolong Kecil. Hope you enjoy in my blog.

Minggu, 01 Mei 2016

Q&A Seputar Filum Animalia [Biologi Umum]


1.        Pertanyaan           : Salah satu ciri Platyheminthes adalah memiliki bintik mata yang tidak mmmmmmmmmm.bisa menghasilkan bayangan. Lalu, bagaimanakah cara cacing mmmmmmmmmm.tersebut melihat?
Jawaban               : Platyhelminthes tidak dapat melihat. Bintik mata yang terletak pada mmmmmmmmmm.anterior (kepala) hanya dapat mendeteksi cahaya di lingkungan mmmmmmmmmm.mereka dengan membedakan gelap dan terang. Untuk bergeraknya mmmmmmmmmm.cacing pipih memiliki indra meraba dan sel kemoresptor di seluruh mmmmmmmmmm.tubuhnya.

2.        Pertanyaan           : Pada Platyhelminthes terdapat anggotanya yang memiliki ciri mmmmmmmmmm.tenggorokan yang menonjol. Apakah fungsi dari organ dengan mmmmmmmmmm.struktur khusus tersebut?
Jawaban               :  Proboscis atau tenggorokan yang menonjol keluar ini berbentuk mmmmmmmmmm. tubuler dengan dinding berotot dapat ditarik dan dijulurkan untuk mmmmmmmmmm .menangkap makanan ataupun mangsanya.

3.        Pertanyaan           : Platyhelminthes tidak memiliki sistem sirkulasi, lalu bagaimana mmmmmmmmmm.hewan ini mengedarkan makanan ke seluruh tubuhnya? Dan mmmmmmmmmm.bagaimana hewan ini membuang sisa metabolisme?
Jawaban               :  Sistem pencernaan cacing pipih disebut sistem gastrovaskuler, mmmmmmmmmm.dimana peredaran makanan tidak melalui darah tetapi oleh mmmmmmmmmm.usus. Sistem pencernaan cacing pipih dimulai dari mulut, faring, dan mmmmmmmmmm.dilanjutkan ke kerongkongan. Di belakang kerongkongan ini mmmmmmmmmm.terdapat usus yang memiliki cabang ke seluruh tubuh. Dengan mmmmmmmmmm.demikian, selain mencerna makanan, usus juga mengedarkan mmmmmmmmmm.makanan ke seluruh tubuh
mmmmmmmmmm.Sedangkan dalam membuang sisa metabolisme cacing pipih juga mmmmmmmmmm.melakukan pembuangan melalui mulut karena tidak memiliki mmmmmmmmmm.anus, Cacing pipih tidak memiliki sistem transpor karena mmmmmmmmmm.makanannya diedarkan melalui sistem gastrovaskuler. Sementara itu, mmmmmmmmmm.gas O2 dan CO2 dikeluarkan dari tubuhnya melalui proses difusi

4.        Pertanyaan           : Fragmentasi adalah cara paling khas dari anggota Platyhelminthes mmmmmmmmmm.untuk bereproduksi secara aseksual. Apakah ketiga kelas dalam mmmmmmmmmm.Platyhelminthes bisa melakukan fragmentasi? Jelaskan!
Jawaban               : Ya, ketiga kelas pada Kelompok Platyhelminthes dapat melakukan mmmmmmmmmm.reproduksi aseksual dengan cara membelah diri (fragmentasi), mmmmmmmmmm.kemudian regenerasi potongan tubuh tersebut menjadi individu baru.

5.        Pertanyaan           : Beberapa cacing pita dapat masuk tubuh manusia dari daging atau mmmmmmmmmm.lainnya. Bagaimanakah upaya manusia agar cacing tersebut tidak mmmmmmmmmm.berkembang ke dalam tubuh manusia?
Jawaban               : Terdapat beberapa cara untuk memutus siklus cacing pita agar tidak mmmmmmmmmm.berkembang dalam tubuh manusia, berikut beberapa caranya :
·         Memasak daging dengan baik hingga benar-benar matang
·         Melindungi makanan dari kontaminasi kotoran
·         Memilah dengan benar daging sapi yang akan dikonsumsi, yaitu dengan memperhatikan teksturnya, warnanya, dsb
mmmmmmmmmm. Meningkatkan sarana sanitasi
·         Pencegahan kontaminasi tanah dan tinja pada makanan dan minuman

·         Pembangunan sarana sanitasi, misalnya kakus dan septic tank, serta penyediaan sumber air bersih

0 komentar:

Posting Komentar